/ 21 Juli 2017
Upacara HUT Mahkamah Agung RI Ke 71

Salatiga I pa-salatiga.go.id

Hari ini Jum’at tanggal 19 Agustus 2016, pukul 07.30 WIB, Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Salatiga melaksanakan Upacara Bendera di depan gedung Kantor Pengadilan Negeri Salatiga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung RI ke-71. Upacara bendera tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Salatiga Henny Trimira Handayani, S.H., M.H., dengan diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Salatiga Drs. H. Umar Muchlis, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional dan Struktural dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Salatiga serta Pengadilan Negeri Salatiga.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara yang dipimpin oleh Ivan Rexy Alfian Tulandi selaku komandan upacara. Dilanjutkan pengibaran bendera sang merah putih yang dikibarkan oleh Widiyarso, S.H., Fauzan Adhim, dan Adhi Agus Ardianto, S.H., kemudian Pembukaan UUD 1945 di bacakan oleh Ruly Arista Wardani, S.Kom. acara yang di bawakan oleh Pembawa Acara Ria Hakima Surya, S.H. ini kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Amanat Ketua Mahkamah Agung RI yang di bacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri dengan diajudani oleh Ari Saputro, S.Kom.

Tema dari amanat tersebut adalah Penguatan Akuntabilitas Peradilan, dalam rangka menggapai kembali kepercayaan publik. Amanat Ketua MA RI juga menyampaikan bahwa dalam amanat Hari Jadi HUT MA RI 2015 lalu secara tegas diingatkan terhadap bahaya intervensi yang terus mengancam independensi lembaga peradilan. Namun realitas dunia peradilan dalam tahun ini justru belum menunjukkan implementasi dari pesan-pesan penting tersebut, seperti diketahui bersama bahwa sejak Februari 2016 hingga saat ini terdapat 6 (enam) orang aparat pengadilan terjaring operasi tangkap tangan KPK atas dugaan tindak pidana penyuapan.

Upaya yang dilakukan Mahkamah Agung dalam menghadapi perkara tersebut salah satunya adalah dengan menerbitkan Perma Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya. Selain itu juga Perma Nomor 9 Tahun 2016 tentang pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya. Terbaru juga mengesahkan Perma Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.

Upacara ini diikuti dengan khidmat dan berjalan lancar oleh seluruh peserta upacara dan ditutup dengan do’a oleh Imam Yasykur, B.A. serta dilanjutkan dengan acara ramah tamah antara warga Pengadilan Negeri Salatiga sebagai tuan rumah upacara dengan warga Pengadilan Agama Salatiga.