/ 24 Juni 2017
RAPAT DINAS PERTAMA DI TAHUN 2017

                                                             Salatiga I pa-salatiga.go.id

Pada hari ini, tanggal 11 Januari 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Salatiga dilaksanakan rapat dinas yang dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai. Rapat yang dimulai pukul 13.00 WIB ini di pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Salatiga Drs. H. Umar Muchlis yang didampingi oleh Wakil Ketua Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M serta Panitera Drs. H. Muhadi.

Rapat yang dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Salatiga Siti Khalimah, S.H ini, memaparkan dan membahas mengenai pencapaian kinerja tahun 2016, dan rencana kerja tahun 2017. Sebagai pembuka dipaparkan mengenai pencapaian dari bagian Kesekretariatan oleh Kasubag Perencanaan, IT dan Pelaporan Ruly Arista W, S.Kom. Dalam pemaparannya disampaikan untuk bagian Umum dan Keuangan mengenai penyerapan anggaran DIPA pada tahun 2016, untuk DIPA 01 sebesar 99,64% dan DIPA 04 sebesar 99,4%, selain itu juga disampaikan mengenai Rekon SAIBA dan SIMAK dengan Koordinator Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang berjalan lancar, Rekon SAIBA dengan KPPN telah selesai, namun Rekon SAIBA dengan KPKNL sedang dalam proses.

Sedangkan untuk bagian Kepegawaian Ortala, seluruh kegiatan dapat dilaksanakan sesuai rencana kerja, namun ada 1 SK Kenaikan Pangkat yang belum turun. Kemudian mengenai Penilaian Kerja Pegawai telah selesai, sedangkan Penilaian Kerja Hakim telah dikirim ke Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Selain itu juga disampaikan bahwa SK SK awal tahun dan Job Description telah selesai dibuat dan dibagi untuk dipedomani.

Kemudian untuk bagian Perencanaan, IT dan Pelaporan disampaikan bahwa Laporan Tahunan 2016 dan Usulan Anggaran untuk tahun anggaran 2018 sudah dikirim ke Pengadilan Tinggi Agama Semarang, LKJIP dan Laporan Keuangan sedang dalam proses.

Dalam pemaparan kedua pada bagian Kepaniteraan yang disampaikan oleh Dra. Hj. Farkhah, selaku Wakil Panitera,disampaikan bahwa proses penyelesaian perkara pada tahun 2016 mencapai 84% atau sesuai rencana kerja sebelumnya. Namun diharapakan pada tahun ini dapat ditingkatkan dengan meningkatkan soliditas antar bagian, dengan memanfaatkan teknologi yang ada baik aplikasi SIADPA dan SIPP maupun berkoordinasi melalui group Whatsapp PASAL yang sudah ada. Pemanfaatan aplikasi SIPP sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan, terutama pada proses Mediasi, Ikrar Talak dan Delegasi Tabayun, agar proses penyelesaian perkara selanjutnya tidak tertunda

Setelah pemaparan dan rencana kerja disampaikan oleh masing-masing bagian, selanjutnya Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M selaku Wakil Ketua memberikan tanggapan mengenai apa yang sudah disampaikan oleh masing-masing bagian tadi. Diantaranya perlunya peningkatan kerjasama antar bagian dalam ruang kepaniteraan agar penyelesaian perkara dapat lebih cepat dan proses perkara lebih efisien. Juga disampaikan terimakasih atas kerja keras seluruh pihak pada tahun 2016 sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Selanjutnya Drs. H. Umar Muchlis selaku Ketua Pengadilan Agama Salatiga memberikan pembinaan dan pengarahan kepada seluruh peserta rapat. Selain ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras, beliau menyampaikan bahwa telah menyetujui dan menandatangani SK perubahan radius panggilan untuk tahun 2017 ini. Beliau juga menyampaikan agar proses pemanggilan kepada para pihak berperkara lebih efisien dan cepat terutama untuk panggilan pada radius 1.

Sebagai penutup Drs. H. Muhadi selaku Panitera menyampaikan hasil Rapat Dinas Panitera dan Sekretaris pada tanggal 9 Januari 2017 di Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Tepat pukul 15.00 rapat dinas di awal tahun 2017 ini selesai dan ditutup oleh Sekretaris Siti Khalimah, S.H dengan kesimpulan-kesimpulan dari apa yang telah disampaikan oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan pemaparan dari bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan tadi.(has)