/ 13 Desember 2017
EKSPOS HASIL PENGAWASAN REGULER OLEH TIM BAWAS MA RI DI PA. SALATIGA

Salatiga I pa-salatiga.go.id

Pada hari kamis, tanggal 15 Juni 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Salatiga dilaksanakan kegiatan ekspos hasil pengawasan reguler oleh Badan Pengawas ( Bawas) Mahkamah Agung RI yang di hadiri oleh seluruh Pimpinan, Hakim dan Karyawan PA. Salatiga.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari pengawasan yang telah dilaksanakan oleh Bawas MA RI di Pengadilan Agama Salatiga sejak tanggal 13 sampai dengan 15 Juni 2017. Kegiatan Pengawasan Reguler oleh Bawas MA RI ini sesuai dengan surat tugas Nomor: 348/BP/ST/VI/2017, Kepala Badan Pengawas Mahkamah Agung RI menugaskan :

  1. H. Husen Riady sebagai Ketua Tim
  2. Didik Andi Prastowo sebagai Anggota
  3. Yekti Handayani sebagai Sekretaris
  4. Hendra Rahmadani sebagai Anggota
  5. Partijem sebagai Staf Pemeriksa

Pengawasan Reguler ini secara spesifik memeriksa mengenai beberapa hal diantaranya :

  1. Pada bagian Keuangan, berkaitan dengan Biaya Perkara, Biaya Eksekusi, Uang Konsinyasi dan lain sebagainya.
  2. Pada bagian Kepegawaian, berkaitan dengan Kedisiplinan Aparatur, Kebersihan Lingkungan, dan Pelayanan Publik
  3. Pada bagian Kepaniteraan, berkaitan dengan Mediasi, Register Perkara dan Buku Induk Keuangan (Kasir)

Kegiatan ekspos dimulai pukul 13.15 WIB yang dibuka oleh Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M selaku Wakil Ketua PA. Salatiga, dilanjutkan dengan sepatah dua patah kata dari Drs. H. Umar Muchlis selaku Ketua PA. Salatiga. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa PA. Salatiga termasuk salah satu Pengadilan Agama yang unik karena secara administrasi mencakup 2 wilayah pemerintahan daerah tingkat II yakni, Kota Salatiga, dan 9 Kecamatan di Kabupaten Semarang. Selain itu juga disampaikan mengenai harapan agar formasi Hakim bisa ditambah, hal ini berkaitan dengan susunan majelis yang berubah-ubah karena kekurangan hakim, dimana sampai dengan saat ini hakim di PA. Salatiga berjumlah 8 orang termasuk Ketua dan Wakil Ketua.

Setelah sambutan dari Ketua PA. Salatiga, selanjutnya H. Husen Riady selaku Ketua TIM Bawas, menyampaikan mukadimah ekspos pada siang itu. Beliau menggaris bawahi mengenai dasar hukum, fungsi dan tugas Badan Pengawas MA RI serta menyinggung mengenai kedisiplinan aparatur peradilan yang harus lebih ditingkatkan.

                                           

Selanjutnya Didik Andi Prastowo dan Hendra Rahmadani menyampaikan hasil temuan dari pengawasan Tim Bawas MA RI. Secara umum pelaksanaan kegiatan baik pelayanan publik maupun administrasi sudah baik, akan tetapi seperti yang disampaikan oleh  H. Husen Riady, bahwa tak ada gading yang tak retak, maka masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, baik dalam hal administrasi keperkaraan, keuangan, maupun pelayanan publik.

Setelah seluruh hasil pengawasan disampaikan kemudian Drs. H. Umar Muchlis menyampaikan terimakasih kepada TIM Bawas MA RI yang sudah menjalankan tugas Pengawasan dan memberikan petunjuk yang benar kepada seluruh aparat PA. Salatiga agar menjadi lebih baik dan berkualitas. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa hasil Pengawasan reguler ini agar sesegera mungkin untuk ditindaklanjuti agar pada tahap monitoring nanti, apa yang sudah disampaikan dalam ekspos ini sudah beres.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan laporan hasil temuan Bawas MA RI di Pengadilan Agama Salatiga, oleh Ketua Tim H. Husen Riady dan Ketua PA. Salatiga Drs. H. Umar Muchlis dan langsung diserahkan kepada Ketua PA. Salatiga.

Kegiatan ekspos hasil pengawasan reguler Bawas MA RI selesai pukul 15.00 WIB dan ditutup oleh Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M, dilanjutkan dengan foto bersama.(has)