/ 19 Agustus 2018
Upacara Hari Kebangkitan Nasiional ke 101, Tahun 2018 di PA. Salatiga

Salatiga I pa-salatiga.go.id

Pada hari Senin, 21 Mei 2018, bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Salatiga, dilaksanakan Upacara dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ke 101. Walaupun bertepatan dengan bulan ramadhan, akan tetapi antusias para peserta upacara tetap tinggi, hal ini terlihat dari tertib dan khidmatnya para peserta upacara mengikuti seluruh tahapan upacara.

Pelaksanaan upacara ini sesuai dengan instruksi Sekretaris Mahkamah Agung melalui Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor. 288/SEK/KS.00/05/2018 tanggal 18 Mei 2018 sebagai tindaklanjut Surat dari Menteri Sekretaris Negara RI Nomor. B-350/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2018 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 110 Tahun 2018.

                   

Bertindak sebagai inspektur upacara Ketua Pengadilan Agama Salatiga, Drs. H. Umar Muchlis, dan sebagai komandan upacara adalah Petugas Pengamanan Pengadilan Agama Salatiga, Sutrisno. Tepat pukul 08.00 WIB, Pembawa Acara Ria Hakima Surya, S.H memulai upacara dengan mempersilahkan Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara. Pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih berjalan khidmat dan dengan lancar berhasil dilaksanakan oleh Milatuz Zahro’ S.Sy, M. Nurul Huda, S.Ag dan Achmad Prasetyo.

Setelah pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Ruli Arista W, S.Kom, Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika, dalam peringatan hari Kebangkitan Nasional yang ke 101 ini. Dalam sambutannya disampaikan bahwa “bersatu” adalah kunci utama untuk mencapai cita cita bangsa, seperti semangat dan komitmen yang dicontohkan oleh para pejuang pada zaman perjuangan dulu. Untuk itu pada masa sekarang yang serba ada dan serba bisa, diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas diri agar pengembangan kapasitas sumber daya manusia dapat merata di seluruh wilayah NKRI, dan sesuai dengan tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2018, yakni “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia dalam Era Digital”

Diharapkan di masa yang serba canggih dan era digital ini, dimana komunikasi dan informasi dapat diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun, akan mempermudah untuk kita lebih bersatu sebagai bangsa dalam bersama-sama mencapai cita-cita bangsa, bukan malah sebagai penyebab pemecah belah persatuan bangsa.

        

Sesuai dengan firman Allah “Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku perkenankan bagimu.” (QS. 40/Al- Mukmin: 60) demikian juga sebagai penutup upacara peringatan hari Kebangkitan Nasional ke 101 ini dibacakan do’a oleh Danang Prasetyo N, S.Sy yang di amini oleh seluruh peserta upacara.(admin/has)