/ 19 Agustus 2018
Upacara Hari Lahir Pancasila 2018 di PA. Salatiga

Salatiga I pa-salatiga.go.id

Ketua Pengadilan Agama Salatiga, Drs. H. Umar Muchlis memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di Halaman Pengadilan Agama Salatiga, Jl Lingkar Selatan, Salatiga, Jumat (1/6/2018). Upacara dimulai sekitar pukul 08.00. WIB. Upacara dihadiri oleh seluruh Pejabat, PNS, dan pegawai honorer Pengadilan Agama Salatiga.

Pelaksanaan upacara ini sesuai dengan instruksi Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor. 318/SEK/KS.00/05/2018 tanggal 30 Mei 2018 sebagai tindak lanjut Surat dari Menteri Sekretaris Negara RI Nomor. B-365/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2018 tanggal 25 Mei 2018 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018.       

Bertindak sebagai komandan upacara yakni Sutrisno (Petugas Pengamanan) serta Milatuz Zahro’ S.Sy, M. Nurul Huda, S.Ag dan Achmad Prasetyo, bertugas sebagai pengibar bendera merah putih, sedangkan Ruli Arista W, S.Kom sebagai pembaca teks Pembukaan UUD 1945.

Dalam upacara tersebut, Drs. H. Umar Muchlis membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila. “Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita,” mengutip sambutan Jokowi. Dengan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini juga harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Juga diharapkan semangat dan energi kebersamaan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi. “Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Paragames yang diselenggarakan tahun ini,” kata dia.

  Disampaikan pula ajakan kepada para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Diharapakan dengan semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya serta negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.

          

Upacara peringatan hari lahir pancasila tahun 2018 ini ditutup dengan pembacaan do’a yang dibacakan oleh Danang P.N, S.Sy.(admin/has)