/ 04 Desember 2020
Upacara Hari Pahlawan di Pengadilan Agama Salatiga

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, hari ini, Selasa, 10 November 2020 diadakan Upacara Bendera di halaman Kantor Pengadilan Agama Salatiga. Pelaksanaan upacara ini berdasarkan Surat Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor:1810/SEK/HM.01.2/11/2020 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020. Upacara yang diprotokoli oleh Ria Hakima Surya, S.H ini, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh Hakim, Pejabat, Pegawai dan PPNPN Pengadilan Agama Salatiga.

Dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa“ seluruh Rangkaian kegiatan upacara dilaksanakan dengan semangat.

Bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Ketua PA Salatiga Drs. Khairuddin, M.H., dengan komandan upacara yakni Sutrisno. Setelah Penghormatan dan Laporan kepada Pembina Upacara, dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Millatuz Zahro’, S.H.I., Achmad Prasetyo dan Andri Maulana kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara.

   

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Pembina Upacara dan pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Hary Suwandi, S.H.I. serta pembacaan Pesan Pesan Perjuangan dari Para Pahlawan Nasional oleh Lisa Indraswari, S.Ag. Kemudian dalam amanatnya, Pembina Upacara Membacakan amanat Menteri Sosial RI dalam rangka peringatan hari pahlawan tahun 2020.

Dalam amanat tersebut disampaikan Nilai-nilai kepahlawanan seperti: percaya kepada tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong,perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia untuk dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini.

Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain dan kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Upacara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Imam Nurwanto, S.H.I, dan dilanjutkan dengan foto bersama.

               
Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada bangsa Indonesia.(has)