/ 18 April 2021
Sosialisasi Pelayanan Prima (Service Excelent)

Pelayanan Prima atau (excellent service) merupakan suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan. Sederhananya, pelayanan prima adalah pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan.

Dalam rangka meningkatan kualitas pelayanan, Pengadilan Agama Salatiga menyelenggarakan Sosialisasi Penguatan Penerapan Budaya Prima dan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik, pada hari Kamis tanggal 4 Maret 2021 bertempat di Hall Lantai 2 Pengadilan Agama Salatiga. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mensukseskan pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Salatiga menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) .

Sosialisasi ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia. Hadir sebagai narasumber yaitu Bapak Ismed Ali Ganie selalu Branch Manajer BSI Salatiga, Ibu Dewi Novita Sari, Ibu Gangga Sitaliari, Bapak Gery Sulaksono, dan Ibu Eka Resmi. Kegiatan dilaksanakan mulai jam 13.30 WIB sampai dengan jam 16.15 WIB, Dalam pemaparannya disampaikan bagaimana menjadi customer service yang excellent.

Excellent customer service tercapai dengan memberikan pelayanan lebih dari apa yang diharapkan pelanggan. Untuk menjadi excellent customer service perlu memahami pentingnya customer dan customer service. Dalam memberikan pelayanan sejatinya dapat dikembalikan kepada diri sendiri, artinya pada saat kita mendapat pelayanan yang tidak memuaskan jangan sampai hal tersebut juga terjadi ketika kita sedang melayani customer. “Lakukan selalu senyum, salam, sapa, sopan, santun dan tanyakan apa yang dibutuhkan pelanggan, taawarkan bantuan, serta selalu berusaha memberikan solusi dari permasalahan pelanggan,” paparan Ibu Gangga Sitaliari.

Dalam pelayanan sangat mungkin terdapat keluhan atau komplain dari pelanggan, oleh karena itu dikegiatan tersebut juga disampaikan tentang teknik mengatasi keluhan atau komplain.

Setelah sesi materi selesai, acara dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab antara narasumber dengan peserta kegiatan yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Pejabat struktural, Fungsional, CPNS beserta seluruh PPNPN Pengadilan Agama Salatiga.

Diakhir acara, Ketua Pengadilan Agama Salatiga memberikan arahannya. Beliau berharap setelah kegiatan ini, seluruh pegawai dapat mengiplementasikan budaya kerja Pelayanan Prima ini dengan baik, serta dapat membawa perubahan yang positif demi membawa Pengadilan Agama Salatiga meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Tahun 2021.