/ 09 Mei 2024
Untuk Percepatan Layanan Kenaikan Pangkat, Kasubag Kepegawaian PA Salatiga ikuti Bimtek dari Badilag

Untuk Percepatan Layanan Kenaikan Pangkat, Kasubag Kepegawaian PA Salatiga ikuti Bimtek dari Badilag

Salatiga, (22/02/2023). Untuk mewujudkan Percepatan Layanan Kenaikan Pangkat dan Mutasi PNS berbasis Sistem Informasi ASN (SIASN), Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung Republik Indonesia menyelenggarakan Kegiatan Penyelesaian Administrasi Kenaikan Pangkat bagi Tenaga Teknis Peradilan Agama yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pengelola Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Seluruh Indonesia / Mahkamah Syar’iyah Aceh dan Pengadilan Agama Seluruh Indonesia / Mahkamah Syar’iyah.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kasubdit Mutasi Hakim Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI Dr. Sultan S.Ag., S.H., M.H.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk terselesaikannya administrasi kenaikan pangkat tenaga teknis di lingkungan peradilan agama periode 1 April 2023”, jelas Sultan.

“Outputnya berupa Persetujuan Teknis dan Keputusan Presiden tentang Kenaikan pangkat tenaga teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta meningkatnya koordinasi layanan administrasi kenaikan pangkat tenaga teknis di lingkungan peradilan agama antara Dirjen Badilag dengan BKN”, imbuhnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Direktur Pengadaan dan Kepangkatan BKN Sri Widayanti, S.H., M.H. dan Kepala Sub Direktorat Kepangkatan dan Jabatan II Direktorat Pengadaan Pengadaan dan Kepangkatan BKN Drs.Theodorus Darius Lusi, M.Si.

Dalam paparan materinya Sri menyampaikan, sesuai surat Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : 1849/B-MP.01.01/SD/D/2023 tanggal 20 Februari 2023 perihal Perpanjangan Waktu Pengusulan Kenaikan Pangkat Periode April 2023.

“Bahwa sampai dengan batas akhir pengusulan kenaikan pangkat periode April 2023 pada tanggal 20 Februari 2023 masih terdapat 37.692 data usul kenaikan pangkat dan 19.066 Berkas Tidak Sesuai (BTS) yang belum di approve/submit ke Badan Kepegawaian Negara, berdasarkan hal tersebut diatas maka bagi instansi yang belum melakukan approve/submit usul kenaikan pangkat dan melengkapi usul dengan status Berkas Tidak Sesuai (BTS) agar segera menyelesaikan sampai dengan tanggal 28 Februari 2023”, jelas Sri.

BKN sangat mengapresiasi MA karena meskipun usul Kenaikan Pangkat melalui SIASN adalah hal sangat baru tapi seluruh usulan Kenaikan Pangkat sudah terselesaikan usulannya, hanya tinggal sedikit sekali yang belum.

Setelah materi tersebut kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi yang sangat menarik dan terakhir di tutup dengan materi dari Wahyu Firdaus, S.T., Pranata Komputer Madya/ Koordinator Perencanaan dan Evaluasi SIASN BKN yang menjelaskan tentang evaluasi implementasi layanan dasar dan tindak lanjut dari pelaksanaan SIASN ini. (eMHa)

Skip to content