/ 15 Juli 2024
Rapat Koordinasi Monev Teknologi Informasi, Inovasi, dan Website di Pengadilan Agama Salatiga

Kamis, 12 Juli 2024 ruang rapat Ketua Pengadilan Agama Salatiga menjadi saksi dari pelaksanaan rapat koordinasi monitoring dan evaluasi (Monev) yang membahas berbagai aspek terkait Teknologi Informasi (TI), inovasi, dan website Pengadilan Agama Salatiga. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Salatiga, Adil Fakhru Roza, S.H.I., M.H., dan diikuti oleh seluruh tim terkait.

Dalam rapat tersebut, Wakil Ketua Adhayani Saleng Pagesongan, S.Ag., M.H. menyampaikan beberapa poin penting, termasuk hasil survei kepuasan dan saran dari pengguna layanan, pergantian konten di TV Media dan website, pembuatan konten TikTok yang menarik, tampilan informasi hak-hak perempuan pasca perceraian di website, serta profil mediator yang akan ditampilkan di aplikasi Mediasi.

Agen Perubahan, Ruly Arista Wardani, S.Kom. menyampaikan inovasi terbaru dari aplikasi Pengadilan Agama Salatiga yang bertujuan meningkatkan kualitas layanan. selain itu Hangga Arif Setiawan selaku admin IT juga mengutarakan beberapa masalah teknis seperti koneksi hakim yang tidak stabil, penggunaan hotspot yang kurang optimal, antisipasi serangan ransomware, update SIPP, serta solusi hosting yang lebih efisien.

Ketua Pengadilan Agama Salatiga, Adil Fakhru Roza, S.H.I., M.H., menekankan pentingnya menunjukkan performa yang baik kepada pimpinan dan publik, evaluasi MoU dengan Dukcapil, melanjutkan inovasi yang sudah berjalan, dan pembaruan sistem pelayanan. Beliau juga mengarahkan untuk melakukan survei kebutuhan pelanggan, membagi inovasi menjadi dua kategori, serta memperkenalkan aplikasi baru seperti E-Mediasi dan Agenda Pimpinan.

Sekretaris Penagdilan Agama Salatiga, Adhi Kurniawan, S.Kom., S.H. juga menambahkan beberapa poin penting, termasuk tautan tambahan pada website, implementasi dan pengembangan inovasi 2024, serta pengelolaan teknologi informasi. Beliau juga menekankan pentingnya backup data mingguan untuk keamanan siber, implementasi aplikasi Mediasi, monitoring media sosial, dan pengembangan konten video pendek.

Monev ini ditutup oleh diskusi dari Panitera, Dra. Hj. Farkhah, M.E. dengan membahas monitoring MoU dan penunjukan petugas pengganti operator beberapa inovasi.

Rapat ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa Pengadilan Agama Salatiga terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Diharapkan, hasil dari rapat ini dapat memberikan dampak positif bagi seluruh pihak yang terlibat dan membantu Pengadilan Agama Salatiga dalam mencapai visi dan misinya.

Skip to content