/ 26 Juni 2022
Ekspose Hasil Pengawas Pengadilan Agama Salatiga

Bertempat di RuangSidang II Pengadilan  Agama Salatiga, pada hari Jum’at 10 Juni 2022 pukul 10.00 wib Tim Pengawas PTA Semarang menggelar ekspose hasil Pengawasan terhadap Pengadilan Agama Salatiga, Rapat Ekspose tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim Pengawas Bapak Dr. H. Hasanuddin, S.H., M.H. dengan didampingi oleh anggota Tim dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Salatiga Bapak Fajri, S.Ag, acara tersebut dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Salatiga.

Pengawasan tersebut merupakan pengawasan reguler yang dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang dengan tujuan untuk dapat mengetahui kenyataan yang ada sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang untuk menentukan kebijakan dan tindakan yang diperlukan menyangkut pelaksanaan tugas pengadilan, tingkah laku aparat pengadilan, dan kinerja pelayanan public pada Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan satker di bawahnya.

Pengawasan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Juni 2022 dengan menggunakan aplikasi RINDU PISAN dan berpedoman pada buku IV tentang Tata Laksana Pengawasan sesuai Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/080/SK/VIII/2006 yang meliputi:

  1. Menajemen Peradilan;
  2. Administrasi Perkara;
  3. Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan;
  4. Administrasi Umum; dan
  5. Kualitas Pelayanan Publik

Tim dari PTA kemudian melakukan ekspose terhadap hasil pengawasan yang telah dilakukan. Bahwa secara umum semua tugas telah dilaksanakan dengan baik, pelaksanaan administrasi di Pengadilan Agama Salatiga sudah bagus dan mengapresiasi kinerja aparatur Pengadilan Agama Salatiga walaupun masih ditemukan sedikit temuan, meskipun sudah baik akan tetapi temuan-temuan dari tim harus segera ditindaklanjuti sesuai saran dari Tim Pengawas supaya Pengadilan Agama Salatiga menjadi lebih baik lagi.

Di akhir acara Wakil Ketua Pengadilan Agama Salatiga Bapak Fajri, S.Ag. menyatakan sanggup dan akan segera menindaklanjuti temuan-temuan dari Tim PTA Semarang dan kedepannya agar Pengadilan Agama Salatiga semakin baik dalam melayani para pencari keadilan.

Skip to content