/ 18 Mei 2022
Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Peradilan Agama

6 CPNS PA Salatiga Mengikuti Orientasi CPNS yang diselenggarakan oleh Badilag MA-RI

Salatiga, 22/4; Enam CPNS PA Salatiga mengikuti Orientasi CPNS di Lingkungan Peradilan Agama seluruh Indonesia secara online/daring, sesuai surat undangan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2414/DJA/HM.00/4/2022, tanggal 20 April 2022, perihal “Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Peradilan Agama. Kegiatan yang bertajuk “Mewujudkan CPNS yang berintegritas dengan semangat melayani” tersebut selebihnya diikuti oleh 1.675 CPNS baru yang tersebar di 441 satker di bawah Ditjen Badilag.

Acara Orientasi CPNS dibuka secara resmi oleh Sekretaris Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI Bapak Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M., hadir pada kegiatan orientasi CPNS antara lain Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Bapak Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag., dan Ibu Dr. Dra. Nur Djanah Syaf, S.H., M.H. Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama.

CPNS baru ini harus selalu bersyukur atas apa yang telah dicapainya dan berharap mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,  serta mampu mewujudkan tag line Badilag “Menuju Badan Peradilan Agama berkelas dunia. “seru pak Arief, di akhir kata beliau memberikan pesan “Jika anda belum mampu berbuat baik, setidaknya jangan melemahkan”.

Kemudian Dr. H. Chandara Boy Seroza, S.Ag., M.Ag menambahkan bahwa kita harus berintegritas, karena Integritas merupakan bagian dari Iman, orang yang berintegritas itu antara hati, ucapan dan tindakannya berjalan selaras, begitu juga dengan Iman yg berarti mengucapkan dengan lisan, membenarkan dalam hati dan mengamalkan dalam bentuk perbuatan. Secara pribadi kita wajib memiliki integritas agar dipercaya oleh orang, kemudian secara kelembagaan integritas harus dibangun bersama agar lembaga tersebut mendapat kepercayaan dari masyarakat. “Seru pak Boy

Selain berintegritas, yang harus kita miliki adalah Hospitaly (keramahan), selalu berorientasi pada pelayanan. Dan bagaimana caranya?. “Tanya pak Boy. Kita harus ikhlas dan niatkan ibadah Kepada Allah. Selain itu kita juga mencoba menembatkan diri kita sebagai orang yang dilayani, agar kita memahami apa yang diinginkan orang dalam pelayanan itu.

Kemudian pemateri ketiga di sampaikan oleh Ibu Dr. Dra. Nur Djanah Syaf, S.H., M.H. beliau berpesan bahwa “Kalian semua ini sudah berjuang melewati proses seleksi yang luar biasa. Yang terpilih secara profesional tentunya diharapkan kinerja bekerja secara professional. Lakukan pekerjaan apapun dengan ikhlas dan jangan pernah sombong. Terus belajar dan selalu upgrade kemampuan kalian. “pesan Bu Nur.

Di akhir acara bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. H. Aco Nur, SH., MH., masih menyempatkan hadir dan menyapa para CPNS dan tentunya memberikan bekal yang sangat penting, yaitu kita harus mengikuti dinamika agar selalu berkembang, emudian selalu memberi masukan dan inovasi bagi lembaga, dan bekerjalah dengan cepat, tepat dengan tenggang waktu yang jelas.

Kegiatan ini diakhiri dengan Tanya jawab dan ditutup langsung oleh Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, SH., MH., Selamat datang kepada para CPNS 2022, selamat bergabung dengan Badilag, mari kita bekerja dan berkarya bersama.