/ 19 Mei 2024
Pengadilan Agama Salatiga mendukung Pemerintah Kota Salatiga dalam Persiapan Penilaian Kota Layak Anak (KLA)

Salatiga, 15 Mei 2024 – Pengadilan Agama Salatiga beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Salatiga mengadakan rapat koordinasi persiapan penilaian Kota Layak Anak (KLA). Acara ini berlangsung pada hari Rabu, 15 Mei 2024, mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai di Ruang Pertemuan DP3APPKB Kota Salatiga.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Kesejahteraan dan Perlindungan Anak DP3APPKB Kota Salatiga, Ibu Sri Hartini S.Pd., M.Pd.

Salah satu peserta yang hadir adalah perwakilan dari Pengadilan Agama Salatiga, yaitu Panitera Muda Gugatan, Ibu Ria Hakima Surya, S.H. Beliau turut serta dalam rapat koordinasi ini untuk memastikan peran dan kontribusi Pengadilan Agama dalam mendukung terwujudnya Kota Salatiga sebagai Kota Layak Anak.

Dalam rapat tersebut, dibahas berbagai persiapan dan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan oleh setiap OPD untuk mencapai standar penilaian KLA. Diskusi mencakup evaluasi program-program yang telah berjalan, identifikasi kendala, serta rencana aksi untuk mengatasi tantangan yang ada.

Persiapan penilaian KLA ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi standar evaluasi, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan yang benar-benar ramah dan aman bagi anak-anak di Salatiga. Rapat tersebut mencakup evaluasi menyeluruh atas program-program yang telah berjalan, identifikasi kendala di lapangan, serta perencanaan aksi konkret yang harus dilakukan oleh setiap OPD.

Dalam sambutannya, Ibu Sri Hartini menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor. “Mewujudkan Kota Layak Anak adalah tanggung jawab bersama. Sinergi antar instansi sangat diperlukan untuk memastikan semua aspek penilaian terpenuhi,” ujar Sri Hartini.

Rapat koordinasi ini juga menjadi ajang bagi seluruh peserta untuk berbagi ide dan strategi dalam menghadapi penilaian. Semua pihak yang hadir menunjukkan komitmen kuat untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak di Salatiga.

Di akhir rapat, seluruh peserta sepakat untuk meningkatkan komunikasi dan kerjasama dalam rangka mencapai tujuan bersama ini. Komitmen yang kuat dan tindakan nyata dari semua OPD diharapkan dapat membawa Kota Salatiga meraih predikat Kota Layak Anak, sekaligus memberikan lingkungan yang lebih baik bagi perkembangan dan kesejahteraan anak-anak.

Dengan persiapan matang ini, Kota Salatiga optimis dapat memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan dan membuktikan diri sebagai kota yang benar-benar layak untuk anak-anak tumbuh dan berkembang.

Skip to content