/ 25 Juli 2024
Pengisian Materi Kesekretariatan dan Orientasi Kesekretariatan oleh PA Salatiga dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga

Pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga, Pengadilan Agama Salatiga menyelenggarakan sesi pengisian materi tentang Kesekretariatan dan Orientasi Kesekretariatan pada Rabu, 10 Juli 2024. Acara ini diadakan di ruang Media Center Pengadilan Agama Salatiga, dengan narasumber Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI, dan Pelaporan, Miratul Hidayah, S.H.I., dan Klerek – Penelaah Teknis Kebijakan, Angela Febriani Nanda Prasetyo, S.Sos. yang mewakili Sekretaris Pengadilan Agama Salatiga, Adhi Kurniawan, S.Kom., S.H.

Dalam sesi ini, para mahasiswa mendapatkan pemaparan mendalam mengenai struktur dan tugas pokok serta fungsi (tupoksi) kesekretariatan di Pengadilan Agama. Materi yang disampaikan mencakup pentingnya transparansi anggaran kesekretariatan dalam mendukung jalannya proses peradilan. Hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada mahasiswa tentang bagaimana kesekretariatan berperan vital dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Miratul Hidayah, S.H.I. menekankan pentingnya perencanaan yang matang dan pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung tugas-tugas kesekretariatan. Sementara itu, Angela Febriani Nanda Prasetyo, S.Sos. menambahkan wawasan mengenai kebijakan dan teknis yang harus dipahami dalam menjalankan fungsi kesekretariatan secara efektif dan efisien.

Acara ini tidak hanya memberikan ilmu dan wawasan baru bagi mahasiswa, tetapi juga memperkuat sinergi antara dunia akademik dan praktisi hukum, khususnya dalam bidang kesekretariatan di lingkungan peradilan. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat lebih siap dan terampil dalam menghadapi tantangan di dunia kerja nantinya.

Skip to content