/ 24 Februari 2024
Peresmian Bangunan Pengadilan Baru Menandai Era Modernisasi Sistem Peradilan di Indonesia

Sebuah tonggak sejarah baru dalam sistem peradilan Indonesia terjadi pada hari Selasa, 6 Februari 2024, dengan peresmian 3 Gedung Pengadilan Tingkat Banding, 18 Gedung Pengadilan Tingkat Pertama, Gedung Parkir, Gedung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Gedung Serbaguna, dan Rumah Jabatan (RUJAB) Mahkamah Agung (MA). Acara bersejarah ini dipimpin oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H.

 

Pada kesempatan ini, acara diselenggarakan secara gabungan, yakni secara offline di Kantor Pengadilan Tinggi Palu dan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting, dihadiri oleh seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama dari berbagai penjuru Indonesia. Hadir pula secara online Ketua Pengadilan Agama Salatiga, H. Abdul Halim Muhamad SHoleh, Lc., M.Ec., M.H., yang ikut menyaksikan acara dari media center Pengadilan Agama Salatiga.

Acara dimulai dengan sambutan hangat dari tuan rumah, Ketua Pengadilan Tinggi Palu, Dr. Hj. Nirwana, S.H., M.Hum. Beliau menyampaikan rasa syukur dan kehormatan atas hadirnya para tamu undangan dalam peristiwa bersejarah ini. “Peresmian bangunan baru ini bukan hanya sebagai sarana fisik, tapi juga sebagai simbol modernisasi sistem peradilan kita,” ujar Dr. Nirwana.

Selanjutnya, Plt. Sekretaris Mahkamah Agung, Sugiyanto, S.H., M.H., memberikan laporan singkat mengenai proses pembangunan dan harapan kedepannya terkait penggunaan fasilitas baru tersebut. Ia menekankan komitmen Mahkamah Agung untuk terus meningkatkan pelayanan peradilan di Indonesia.

Sambutan dari Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, juga turut menggema di dalam acara. Beliau memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya Mahkamah Agung dalam meningkatkan kualitas peradilan di daerah ini. “Dengan peresmian ini, kita berharap dapat memberikan pelayanan hukum yang lebih baik kepada masyarakat,” ucap Gubernur Rusdy.

Acara mencapai puncaknya dengan kata sambutan terakhir dan langsung dari Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. Beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan dan peresmian gedung-gedung tersebut. “Dengan bangga, kita bersama-sama memasuki era baru peradilan di Indonesia, yang lebih modern, efisien, dan inklusif,” tegas Prof. Syarifuddin.

Peresmian ini diakhiri dengan serangkaian doa yang dipanjatkan untuk kelancaran dan keberhasilan sistem peradilan di masa mendatang. Semua peserta, baik yang hadir secara langsung maupun online, merasa bersyukur atas upaya Mahkamah Agung dalam memajukan peradilan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Skip to content