/ 19 Mei 2024
Sekretaris PA Salatiga Ikuti Penyusunan Metadata di Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, dan Perguruan Tinggi Kota Salatiga

Bertempat di Ruang Kalitaman Gedung Sekretariat Daerah Kota Salatiga, dilaksanakan kegiatan Penyusunan Metadata bagi Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, dan Perguruan Tinggi. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Pengadilan Agama (PA) Salatiga, Adhi Kurniawan S.Kom., S.H. Acara ini dipimpin oleh Drs. Budi Prasetiyono, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Kota Salatiga, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pengumpulan data di Kota Salatiga. Data yang akurat dan terkini sangat esensial untuk pengambilan keputusan terkait peraturan daerah, analisis tingkat inflasi, pemetaan daerah miskin, dan berbagai keperluan lainnya.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang perkenalan Kepala BPS Kota Salatiga yang baru, Bapak Agus Kadaryanto, S.ST. Dalam perkenalannya, Agus menyoroti betapa pentingnya data di era saat ini. “Data harus valid dan akuntabel agar dapat dipertanggungjawabkan,” ujar beliau yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPS Kota Batam. Agus juga mengingatkan bahwa ego sektoral harus dihilangkan sejalan dengan Instruksi Presiden Jokowi tentang satu data nasional.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Dani Dwi Widagdo, S.ST yang membahas mengenai metadata, katalog standar data statistik, dan statistik sektoral untuk Kementerian/Lembaga. “Pengolahan data sangat menentukan seberapa jauh tingkat keakuratan dan ketepatan data statistik yang dihasilkan,” imbuh Bapak Dani, menegaskan pentingnya pengelolaan data yang baik untuk mendukung kebijakan publik dan pembangunan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun metadata yang berkualitas, sehingga data yang dihasilkan oleh perangkat daerah, instansi vertikal, dan perguruan tinggi di Kota Salatiga menjadi lebih valid, akuntabel, dan bermanfaat dalam mendukung pembangunan dan pengambilan keputusan.

Skip to content