/ 25 Juli 2024
Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga Ikuti PPL di Pengadilan Agama Salatiga

Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di ruang Media Center Pengadilan Agama Salatiga sejak 9 Juli 2024 sampai dengan 13 Agustus 2024. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai proses persidangan dan administrasi di lingkungan peradilan agama.

Kegiatan hari ini diawali dengan sesi Persiapan Persidangan yang dipandu oleh Tim PPL dari PA Salatiga. Para mahasiswa kemudian mengikuti observasi persidangan, dimana mereka dapat melihat langsung bagaimana proses persidangan berlangsung.

Materi pertama dalam kegiatan hari ini disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Salatiga, Adil Fakhru Roza, S.H.I., M.H., yang mengupas tentang “Kewenangan Pengadilan Agama.” Penjelasan beliau memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai lingkup dan batasan kewenangan yang dimiliki oleh Pengadilan Agama dalam sistem peradilan Indonesia.

Materi berikutnya disampaikan oleh masing-masing tim kepaniteraan dan kesekretariatan yang menjelaskan tentang “Kepaniteraan dan Kesekretariatan.” Dalam sesi ini, mahasiswa mendapatkan wawasan mengenai fungsi dan tugas dari berbagai bagian administrasi di Pengadilan Agama, mulai dari penerimaan perkara hingga pengelolaan dokumen dan arsip.

Kegiatan PPL hari ini berjalan lancar dan interaktif, dengan mahasiswa aktif bertanya dan berdiskusi. Diharapkan, pengalaman ini dapat memperkaya wawasan dan keterampilan mereka dalam bidang syariah dan hukum, serta mempersiapkan mereka untuk terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus nanti.

Skip to content