/ 10 Agustus 2022
Silaturahim dan Konsolidasi Antara Pengadilan Agama dengan Kementerian Agama Kota Salatiga

Salatiga, 3/8, Pengadilan Agama Salatiga melaksanakan kunjungan silaturrahim dalam rangka konsolidasi dengan Kementerian Agama Kota Salatiga. Kunjungan silaturahim tersebut dipimpin langsung oleh Fahruddin, S.Ag., M.H., selaku Ketua PA Salatiga, didampingi WKPA Salatiga Fajri, S.Ag., dan Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan  Rully Arista Wardani, S.Kom.,

Ketua PA Salatiga menyampaikan bahwa silaturahim ini merupakan melanjutkan hubungan baik antara PA dengan Kemenag Salatiga yang sudah terjalin sejak dulu oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya, selain itu silaturahin ini juga sebagai penguatan sinergitas antara PA Salatiga dengan Kemenag Salatiga.

Pada pertemuan ini Ketua PA Salatiga dan Kepala Kantor Kementerian Agama Salatiga mempunyai keinginan yang sama untuk membangun kerjasama terkait peningkatan pelayanan publik, seperti itsbat nikah, sidang terpadu, bahkan mereka sepakat untuk melakukan pertukaran data dan informasi mengenai validasi akta cerai dan validasi buku nikah demi meminimalisir pemalsuan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Penjajakan kerja sama ini merupakan sebuah terobosan baru dalam upaya menyediakan data yang akurat bagi kedua belah pihak, yang tentu akan memberi dampak positif dalam peningkatan layanan kepada masyarakat.

Fahruddin, S.Ag., M.H., menyampaikan bahwa di PA Salatiga permohonan Dispensasi Nikah (nikah di bawah umur) semakin meningkat, hal itu menjadi keprihatinan kita bersama sehingga harapannya (Kementerian Agama Kota Salatiga) bisa membuat program untuk menekan perkawinan anak yang sangat banyak resikonya.

Harapannya silaturahim dan sinergitas antara Pengadilan Agama dengan Kementerian Agama Salatiga dapat terus terbangun dan terjalin bahkan lebih meningkat lagi agar dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat di Kota Salatiga.

Skip to content